Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Jenazah

Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Jenazah
Assalamualaikum wr. wb

Dipagi minggu yang cerah ini saya mau menyapa sobat blogger semua terlebih dahulu, apakabarnya ni sobat???? semoga semua dalam keadaan sehat walafiat dan dalam lindungan Allah SWT. 

Sehabis jalan-jalan bersama anak dan istri di acara Car Free Day di Tanah Lapang Merdeka Binjai, rasa lelah menghampiri tubuh saya. Akan tetapi telah terbalas dengan rasa bahagia bisa bermain bersama anak dan istri karena sudah lama juga tidak kesana. Walau dalam keadaan letih saya ingin menulis untuk sobat semua sebuah artikel mengenai tata cara sholat jenazah sebagai lanjutan dari artikel saya sebelumnya yaitu cara mengkafani jenazah.

PENGERTIAN SHALAT JENAZAH
  
Shalat jenazah ialah shalat yang dikerjakan sebanyak 4 kali takbir yang dilakukan apabila ada seorang Muslim/Muslimah yang meninggal dunia. Karena setiap muslim yang meninggal maka kewajiban muslim yang lainnya memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkannya. Hukum dari mensholatkan jenazah ini adalah Fardhu Kifayah yaitu kewajiban bagi semua muslim namun jika sudah dilaksanakan oleh muslim yang satu maka gugurlah kewajiban bagi muslim yang lain.

Tentang pentingnya mensholatkan jenazah ini, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya :

"Shalatkanlah olehmu orang-orang (Muslim) yang sudah meninggal yang sebelumnya mengucapkan Lailaha Illallah."(HR. Ad - Daruruquthni).

SYARAT-SYARAT SHALAT JENAZAH

Adapun syarat-syarat untuk melaksanakan sholat jenazah yaitu :

a.  Bagi orang yang akan melaksanakan sholat jenazah harus menutup aurat, pakaian dan tempat yang digunakan juga harus suci dari hadas besar dan kecil, serta menghadap ke kiblat.

b.  Syarat yang kedua ialah jenazah harus sudah dimandikan dan dikafani.

c. Letakkan jenazah kesebelah kiblat orang yang akan menyalatinya, terkecuali shalat dilaksanakan diatas kubur atau pun juga sholat ghaib.

TATA CARA PELAKSANAAN SHALAT JENAZAH

A.  Niat untuk melakukan sholat jenazah

1.  Jika si jenazah adalah laki-laki maka lafaz niatnya adalah sebagai berikut :

niat shalat jenazah laki - laki
 
(Ushallii 'alaa haadzaal mayyati arba'a takbiiraatatin imaamaan/makmuumaan lillaahi ta'aalaa)

"Aku niat shalat atas mayat ini empat takbir karena Allah Taala"

2.  Sedangkan jika jenazahnya adalah perempuan maka lafaz niat nya sebagai berikut :


niat shalat jenazah wanita

(Ushallii 'alaa haadzihiil mayyatati arba'a takbiiraatin imaamaan/makmumaan lillahi ta'aalaa)

"Aku niat shalat atas mayat ini empat takbir karena Allah Ta'ala"

B. Setelah kita melafazkan niat maka Takbiratul Ihram seperti shalat fardhu biasanya yakni mengucapkan Allahu Akbar sambil meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri yang berada diatas perut (Sedekap). Lalu kemudian membaca surat Al- Fatihah :


C.  Setelah kita melakukan Takbir pertama dan membaca surat Al - Fatihah maka dilanjutkan dengan takbir kedua yang kemudian membaca do'a sholat jenazah yaitu shalawat atas Nabi Muhammad SAW :



(Allaahumma shalli wasallim 'alaa sayyidinaa muhammad, wa'alaa aali sayyidinaa muhammad)

D.  Usai melakukan Takbir Kedua dan membaca shalawat nabi maka kita melakukan Takbir yang kedua dan membaca doa sholat jenazah seperti dibawah ini :

(Allaahummaagh firlahu waarhamhu wa'aafihi waa'fuanhu)

"Ya Allah Ampunilah dia, berilah rahmat dan sejahtera dan maafkanlah dia"

E.  Setelah takbir ketiga lanjut takbir keempat (takbir yang terakhir) yang kemudian membaca do'a sholat jenazah :

ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHU WALAA TAF - TINNAA BA'DAHU WAGHFIRLANAA WALAHU

"Ya Allah, janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kepada kami, janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya, dan janganlah Engkau memberi fitnah sepeninggalnya dan ampunilah kami dan dia."

F.  Usai melakukan takbir yang terakhir yaitu takbir keempat maka dilanjutkan dengan salam dan memalingkan muka ke kanan lalu kekiri sambil mengucapkan :

ASSALAAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH


Selesai sudah pelaksanaan sholat jenazah, maka selanjutnya adalah membaca doa yang ada dibawah ini:


"Ya Allah jika mayat ini termasuk kedalam orang-orang yang baik, maka terimalah amal kebaikannya. Jika mayat ini termasuk kedalam orang yang jahat maka bebaskanlah dia sebab rahmat Engkau dan keridhaan Engkau dan jauhkalnah dia dari fitnah kubur dan siksanya."


"Dan luaskanlah kuburnya,renggangkanlah bumi dan kedua lambungnya dan pertemukanlah dia dengan sebab rahmat Engkau akan keselamatan dari siksa Engkau sehingga Engkau bangunkan dia dalam keadaan aman sampai kesurga Engkau berkat rahmat Engkau, wahai zat yang paling pengasih diantara para pengasih"

Itulah cara-cara pelaksanaan sholat jenazah yang bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Setelah usai melakukan sholat jenazah kewajiban kita kaum muslimin selanjutnya ialah menguburkan jenazah tersebut. Insya Allah saya akan membahasnya secara lengkap pada artikel selanjutnya. Akhir kata saya ucapkan Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber Referensi : rukun-islam.com

Postingan terkait:

22 Tanggapan untuk "Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Jenazah"

  1. subhanallah, semoga bermanfaat bagi semua dan jadi pengingat kita di dunia yang fana ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ... terimaksih tlh berkunjung Mas Feri

      Delete
  2. Alhamdulillah, sebagai pengingat bahwa manusia akan kembali kepada-Nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang betul Mas Ridu , hidup harus banyak2 mengingat kematian :)

      Delete
  3. Alhamdulillah sekarang jadi lebih tau jelasnya.. Makasi infonya ya mas..

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sudah mengingatkan, Mas Ilham. Tepat 10 hari yang lalu nenek meninggal, sayang saya gak bisa ikut menyolatkan krn sedang berhalangan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ... sayang ya Mbak Nurul , karena pahalanya menyolatkan sangat besar

      Delete
  5. Jadi inget jaman di TPA dulu, hapal banget bacaan sholat jenazah ini. Sekarang udah lupa semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bisa lupa ni Mbak Nita ... mungkin sering2 ikut mensholatkan jenazah baru nggak lupa :)

      Delete
  6. Belum pernah menyalatkan jenazah. Harus belajar nih, karena penting banget, apalagi bagi generasi muda islam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ... sayang donk Mas Achmad , karena pahala bagi yg ikut menyolatkan jenazah itu bsr sekali

      Delete
  7. wah makasih banget artikel2nya penting banget nih mas. Langsung saya bookmark blog-nya buat dibaca2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo silahkan do bookmark Mbak Zata

      Delete
  8. YA Allah, makasih sudah diingatkan atas kematian mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mbak Wahyu ... hidup harus saling mengingatkan :)

      Delete
  9. Dulu pernah praktik, tapi sekarang lupa nih ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya harus sering2 ikut sholat jenazah ni Mas , biar nggak lupa :)

      Delete
  10. Terima kasih mas sudah di ingatkan

    ReplyDelete
  11. Sangat bermanfaat sekali...
    salat Jenazah pertama kali menyolatkan kakek saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya pertama kali menyolatkan nenek saya Mas :)

      Delete

Terimakasih telah berkunjung di Blog Bunda Mala.... Komentar tidak dimoderasi... Mohon tidak memasukkan link hidup ...