Tips Agar Hati Tenang Setiap Hari Menurut Ajaran Islam



Assalamualaikum wr. wb

Tentram merupakan kata yang harus didapatkan oleh diri kita sendiri. Dengan tentram apapun yang ingin dilakukan menjadi sangatlah bermanfaat dan lebih harmonis. Dengan begitu tentram merupakan cara setiap orang menginginkan dan memimpikan keadaan yang nanti dilakukan. Ketika seseorang memperoleh ketentraman maka hidupnya akan lebih baik, lebih banyak inspirasi, dan lebih menggunakan pemikiran positif daripada negatif. Sehingga tentram merupakan cara yang baik dalam memperoleh perubahan lingkungan.

Setiap orang tentu menginginkan ketentraman, dan tak terkecuali dengan anda yang membaca artikel ini. Pasti anda menginginkan untuk tentram kan !, Bahkan menginginkan ketentraman setiap hari !. Jika itu benar maka anda tepat membaca artikel ini. Sebab didalam artikel ini nanti akan dibahas cara untuk menentramkan diri untuk setiap harinya. Mengupas masalah pikiran dan perasaan serta cara memperbaikinya dengan lebih luwes dan bermoral. Sehingga ini akan menjadi pengalaman bagi anda yang dilanda kesedihan dalam menjalani hidup tanpa ketentraman.

Dimanapun anda berada ketentraman menjadi salah satu awal dari keberhasilan dalam setiap usaha yang dilakukan. Sebab pengusaha akan memperkirakan diri agar selalu tentram dalam menghadapi masalah apapun untuk membuat produksinya meningkat. Jika pengusaha tidak memperkirakan ketentraman jiwanya maka perusahaan akan hancur lebur dan tidak akan bangun walaupun disuntikkan biaya dari bank besar. Hal ini perlu diperhitungkan dengan matang masalah keuangan yang begitu besar kaitannya dengan ketentraman jiwa dan perasaan.

Kapan harus dilakukan untuk membuat tentram diri sendiri?. Sekarang atau nanti adalah urusan anda, namun dalam kaidah yang perlu diperhatikan adalah seberapa siapkah anda untuk menentramkan diri?. Sebab jika anda tidak siap sekarang maka tentu tentram itu tidak anda dapatkan dengan baik. Persiapkan diri anda untuk memperoleh ketentraman jiwa. Dengan begitu sekecil-kecilnya anda dalam memperoleh ketentraman, itu akan membuat perubahan besar dalam hidup anda.

Ini dikarenakan ketentraman jiwa tergantung dari anda melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan perasaan dan hati anda. Jika perasaan anda baik dan membantu perubahan dalam lingkungan anda, sehingga memberikan kemapanan dalam diri anda sendiri maka tentramnya jiwa itu terletak dari apa yang anda lakukan saat ini. Jika pengaruhnya bersumber dari kemampuan berbicara anda kepada orang lain, maka latihlah kemampuan berbicara anda agar selalu mendapatkan perkataan yang baik dan memperoleh ketentraman jiwa.

Setiap hari orang akan memusatkan pemikirannya dengan keadaan-keadaan yang begitu luar biasa sibuknya. Mereka lupa dengan jam-jam yang harusnya digunakan untuk bersenang-senang kemudian digunakan untuk bekerja. Jika ini dilakukan terus menerus maka hasilnya akan negatif dan produktifitas akan menurun. Inovasi akan terhambat jika pekerjaan dilakukan dengan over time. Oleh sebab itu untuk membentuk diri lebih baik maka sebaiknya gunakanlah waktu-waktu yang anda dapatkan saat ini untuk memuaskan dan memanjakan diri.

Ibadah Salah Satu Kunci Utama

Ibarat masuk rumah, kunci utama untuk membukanya adalah beribadah kepada tuhan. Sebab dengan percaya kepada tuhan dan melakukan perintah-perintah yang diberikan kepada anda, maka hidup anda akan selalu menggunakan akal dan pikiran yang sehat, terhindar dari pikiran negatif, selalu membentuk diri ke dalam perkumpulan yang baik, serta mampu membuat hidup lebih optimis. Tidak akan ada ruginya jika anda berhubungan dengan tuhan, dan akan selalu mendapatkan kebaikan jika terus menerus beribadah setiap harinya.

Tombo Ati

"Tombo ati, iku limo perkorone, kaping pisan moco qur'an lan maknane....". Ungkapan tersebut merupakan isi dari umat muslim di Jawa yang menjadi salah satu musik favorit orang Jawa saat ini. Khususnya Jawa Timur yang masih kental kaitannya dengan peninggalan sejarah dahulu kala. Saat itu tombo ati merupakan ciptaan dari Sunan Ampel yang merupakan anggota wali songo atau wali sembilan di Jawa. Beliau mengajarkan bahwa umat islam harus senantiasa mau untuk menentramkan jiwa dan perasaannya dengan menggunakan tombo ati ini.

Bersyukur Dengan Segala Keadaan

Untuk mengatasi perbuatan anda saat ini yang mungkin diluar kenali anda, sebaiknya bersyukurlah. Sebab dengan bersyukur tadi akan memberikan kemapanan dalam hati anda, ketentraman dalam menghasilkan apapun, memperoleh kebaikan lingkungan, berpikir positif, serta mampu memberikan kekuatan untuk memperoleh masa depan yang gemilang. Bersyukur itu akan menentramkan jiwa, sebab anda diwajibkan untuk melihat kebawah yang lebih sensara daripada anda, dan anda diharuskan memberikan sedekah atau ungkapan terima kasih berupa sumbangan apapun kepada orang lain atau di masjid. Sebab nanti akan membuat hati anda tentram.

Sedekah Dengan Iklas

Tentram itu dilakukan dengan banyak cara, namun hanya satu yang paling manjur, yaitu sedekah. Dalam islam sedekah akan menentramkan diri, mendapatkan pembentukan otak yang alami, mendapatkan pengaruh dalam setiap kegiatan untuk menjadi lebih baik, dan membuat semua orang senang dengan anda. Untuk itu keiklasan akan membantu anda dalam menentramkan hati dengan cepat. Sedekahlah karena dengan sedekah anda akan ditambah rejeki oleh yang maha kuasa. Wassalamualikum wr. wb.

Sumber gambar dan tulisan : artikelsenyuman.blogspot.com-spy-48.blogspot.com


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Agar Hati Tenang Setiap Hari Menurut Ajaran Islam"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Blog Bunda Mala.... Komentar tidak dimoderasi... Mohon tidak memasukkan link hidup ...